Minggu, 15 Februari 2015

MOTOR PALING LANGKA DI DUNIA

SALAH  SATU MOTOR PALING LANGKA DI DUNIA
THE TRAUB MOTORCYCLE
 
            Pada Tahun 1967, di daerah Chicago Amerika Serikat seorang tukang ledeng sedang melakukan renovasi pada sebuah gedung Apartemen tua, tukang tersebut merobohkan sebuah dinding bata dan menemukan apa yang akan menjadi sejarah bagi para penggemar motor tua dan juga sekaligus menjadi misteri hingga saat ini. Tukang tersebut menemukan salah satu sepeda motor tua buatan tahun 1917 dengan merk TRAUB. Seorang lansia pemilik gedung apartemen tua tersebut mengaku bahwa anaknya telah mencuri sepeda motor sebelum Ia pergi ikut dalam Perang Dunia I, dan tidak pernah kembali lagi sejak saat itu yang kemungkinan ikut tewas dalam peperangan itu. Tetapi dari mana sepeda motor itu berasal dan siapa yang membuatnya lansia tersebut tidak mengetahuinya dan hingga saat ini misteri ini belum terungkap.
            Motor tersebut saat ini berada di sebuah museum yaitu Museum Wheels di Maggie Valley – North Carolina. Motor dengan merk TRAUB ini dianggap oleh banyak orang dan pakar bukan hanya motor paling langka di Amerika namun juga salah satu motor paling langka di dunia. Menurut sejarahnya setelah ditemukan motor The Traub  dijual ke Torillo Tacchi seorang pemilik toko sepeda di Chicago kemudian motor ini dijual kembali ke Bud Ekins yang lebih terkenal sebagai seorang Stuntman dari aktor terkenal Steve McQueen, sementara Ekins sedang bekerja pada set film Blues Brothers pada akhir tahun 1970 The Traub kemudian dijual kembali ke seorang kolektor dan tukang restorasi Richard Morris yang kemudian menjualnya kembali ke seorang kurator museum "Wheels Through Times" Dale Walksler pada tahun 1990. Dan sejak saat itu The Traub disimpan dengan sangat rapi pada museum tersebut.

            Meskipun motor ini sangat langka dan mungkin hanya ada 1 di dunia namun Walksler cukup paham mengenai motor ini, Ketika ditanya mengenai komponen dari motor ini Ia menjawab dengan sangat antusias “ Segala sesuatu yang berada didalam mesin motor ini sangat istimewa dan luar biasa. Piston motor ini merupakan buatan tangan, dan memiliki ring piston dengan kualitas yang baik, rancangan motor dan mesinnya merupakan rancangan yang lebih modern dari pada masanya saat itu”.
            “Ketika membandingkan dengan merk sepeda motor lain dengan model dan era tahun yang sama, The Traub tidak ada bandingannya. Terdiri dari 80 kubik pasir besi cor dengan mesin yang memiliki katup samping, mesin ini memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan lebih dari 85 mph dengan mudah, "kata Waksler. Selain dari beberapa komponen yang sudah dijual pada jamannya, The Traub juga memiliki banyak fitur buatan tangan yang unik, misalnya transmisi dengan tiga kecepatan yang dianggap sebagai motor yang pertama menggunakan pada jamannya, rem belakang, dual acting atau noken as tunggal untuk menggerakkan beberapa klep seperti yang kita kenal saat ini. Hal – hal ini tidak pernah terlihat pada motor Amerika pada jaman tersebut. Untuk mesin Traub yang memiliki fitur yang lebih canggih dari motor pada jamannya memang tidak ada tadingannya, benar – benar luar biasa , "Kata Walksler. Ini pendapat saya tentang The Traub yang merupakan sebuah upaya untuk membuat generasi baru sepeda motor pada jamannya, Tapi bagaimana bisa mesin besar secanggih Traub dapat dibangun pada jamannya dimana pengetahuan industri motor saat itu belum berkembang. Pencarian akan asal usul motor The Traub belum berakhir, sementara kita pun mungkin tidak akan pernah tau mengapa motor ini ditempatkan dibelakang dinding apartemen itu, dan kami berharap suatu hari nanti dapat mengetahui lebih banyak mengenai motor The Traub dan siapa “Jenius” yang membuatnya, “kata walksler.
Beriku Beberapa Foto Mengenai The Traub


0 komentar:

Posting Komentar